Profil PPID Kementerian PPN/Bappenas

Keberadaan Unit Pelayanan Informasi Publik Kementerian PPN/Bappenas perlu disikapi bukan semata dari sisi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tetapi lebih daripada itu Kementerian PPN/Bappenas memandang bahwa komunikasi dan keterbukaan merupakan komponen vital dalam meningkatkan kualitas pembangunan dan mencapai sasaran kebijakan. Dengan terbentuknya Unit Pelayanan Informasi Publik Kementerian PPN/Bappenas, diharapkan masyarakat dapat memperoleh akses informasi yang lebih mudah, cepat, dan akurat yang pada akhirnya diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran untuk memberikan partisipasi aktif dalam menyukseskan pembangunan.

 

VISI

“Mewujudkan Pelayanan Informasi Publik Kementerian PPN/Bappenas yang Mudah, Cepat dan Akurat.”

 

 MISI

  1. 1.  Menyediakan kegiatan pelayanan informasi publik dengan mengedepankan prinsip kemudahan, kecepatan, dan keakuratan, sesuai dengan standar pelayanan Informasi Publik.
  2. 2.  Menyediakan sumber daya manusia dan infrastruktur pelayanan informasi yang memadai untuk terlaksananya kegiatan pelayanan Informasi Publik.
  3. 3.  Memberikan pelayanan kepada setiap pemohon informasi publik secara transparan dan bertanggung jawab.

 

  FUNGSI

  1. 1. merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi di Kementerian PPN/Bappenas.
  2. 2. melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi.
  3. 3. mewakili Kementerian PPN/Bappenas dalam menyampaikan informasi kepada publik. 

 

 TUGAS

  1. 1. mengumpulkan dan mengidentifikasi informasi dari seluruh unit kerja di Kementerian PPN/Bappenas.
  2. 2. melakukan seleksi, menguji, memilah, dan menentukan aksesibilitas informasi.
  3. 3. mengolah, menata, dan menyimpan informasi.
  4. 4. menyusun Standard Operating Procedure (SOP).
  5. 5. melaksanakan tugas lain yang diperlukan dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi.

 MOTTO

“Melayani Informasi, Memajukan Negeri.”

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

 MAKLUMAT

“Unit Pelayanan Informasi Publik Kementerian PPN/Bappenas akan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk memberikan pelayanan informasi yang mudah, cepat, dan akurat, sesuai standar pelayanan informasi publik dan ketentuan peraturan yang berlaku secara transparan dan bertanggung jawab.”